Senin, 16 Maret 2015

Hijab Syar'i dan Tabarruj


hijab syar'i, jilbab segi empat tebal lebar
Hida Butik, Produsen Hijab Syar'i

            Setiap muslim dan muslimah pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah hijab syar'i. Menurut bahasa Arab, hijab berarti penghalang. Beberapa negara Arab dan negara barat yang lain mengatakan hijab adalah kerudung yang dipakai wanita muslimah yang lebih dikenal dengan jilbab. Namun jika sesuai dengan keilmuan Islam, hijab berarti tata cara berpakaian yang sesuai dengan tuntunan agama.

            Saat membahas hijab syar'i, tak luput dari bahasan tentang tabarruj. Hijab syar'i dan tabarruj merupakan dua hal pembahasan yang bersandingan sebagai suatu kelengkapan dalam meraih kesempurnaan dalam berhijab.

Apa sih tabarruj itu?

”Hendaklah kalian (para wanita) tetap di rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj dan seperti tabarruj orang-orang Jahiliyah yang dahulu…” (QS. Al-Ahzab: 33)

            Tabarruj adalah segala upaya yang dilakukan oleh wanita dalam menampakkan kecantikannya di depan laki-laki yang bukan mahram. Beberapa hal yang termasuk tabarruj adalah memakai pakaian yang ketat atau membentuk lekuk tubuh, transparan, pakaian yang tidak menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, memakai make-up atau perhiasan yang berlebihan ketika keluar rumah.

            Setiap muslimah harus berhati-hati ketika mengenakan hijab untu keluar rumah. Jangan sampai hijab yang dipakai menimbulkan tabarruj yang akan mengundang perhatian, hingga mengundang syahwat bagi lawan jenis. Astaghfirullaha'adziim, semoga Allah menjauhkan kita dari yang demikian. Zaman sekarang, trend mode terus berkembang. Berpenampilan mengikuti mode tidak lah salah, selama mode yang diikuti tidak melenceng dari tuntunan agama.

            Hijab syar'i dan tabarruj, keduanya menjadi perhatian penting. Maksud perhatian di sini adalah dalam memakai hijab syar'i, jangan sampai menimbulkan tabarruj yang membahayakan muslimah itu baik dunia maupun akhirat. Kenapa demikian? Hijab yang berlebihan yang mengundang syahwat, bisa mengundang kejahatan. Selain itu, juga menimbulkan dosa jika si pemakai hijab memiliki rasa bangga berlebihan terhadap pakaian yang dikenakan atau pun bangga menjadi pusat perhatian.

            Wanita adalah perhiasan, dan sebaik-baik wanita adalah wanita sholehah yang mampu menjaga kehormatan diri, agama, di mana pun berada. Larangan tabarruj bukan berarti wanita dilarang berdandan. Memakai make up, perhiasan, diperbolehkan bagi wanita asalkan sederhana, tidak berlebihan, dan tidak ditujukan untuk menarik perhatian lawan jenis.

            Seperti halnya memakai parfum yang lembut untuk menutupi kekurangan diri seperti bau badan, ini diperbolehkan. Memakai cincin sederhana, juga diperbolehkan. Karena yang dimaksud tabarruj adalah berhias berlebihan atau berdandan berlebihan yang bisa menimbulkan syahwat pada lawan jenis.

            Bagaimana agar kita terhindar dari tabaruj? Hijab syar'i adalah solusinya. Antara hijab syar'i dan tabarruj ini,  keduanya boleh dilakukan hanya oleh seorang istri terhadap suaminya. Memakai make up dan perhiasan yang cantik, indah, demi menyenangkan suami adalah ibadah dan berbuah pahala. Berbeda lagi ketika keluar rumah, wanita harus menjaga kesederhanaan, menutup aurat, boleh berdandan namun tidak berlebihan. Allah sangat menyukai keindahan. Seperti kebersihan, kerapian, sehingga hal ini harus diutamakan.


            Subhanallah, begitu mulianya Islam mengatur segala urusan ummatnya. Semua ini semata-mata demi ummat muslim itu sendiri agar selalu sehat, aman dengan menjaga hijabnya. Janganlah kita mengikuti budaya-budaya yang dilarang di dalam Al qur'an. Jagalah diri kita, generasi kita, dari perkembangan mode yang tidak sesuai tuntunan syariah Islam. Biasakan diri kita dan generasi kita mulai dari rumah, biasakan sejak dini, untuk memakai pakaian atau hijab yang syar'i agar kita selamat dunia dan akhirat serta memperoleh keberkahan. Aamiin. Afwan kabiir, barakallahufiikum.

3 komentar:

  1. salam sukses http://purimuslim.com

    BalasHapus
  2. inspiratif sekali,.kak,..
    Semoga membuka mata temen2 smua agar mau berhijab syar'i
    Mampir ke sini y ,.. produsen mukena katun jepang


    BalasHapus
  3. bener sekali,
    Semoga membuka hati dan pikiran temen2
    kiranya agar berhijab syar'i

    salam
    Amoorea Sabun
    Amoorea Instagram

    BalasHapus